Senin, 08 Agustus 2011

Oknum Kepala UPTD Pendidikan Sunat BOS

Posted by Realita Nusantara 09.47, under |

Oknum Kepala UPTD Pendidikan Sunat BOS


REALITA NUSANTARA – ONLINE. BREBES
Brebes, Sergap – Adanya Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang dikucurkan pemerintah, siswa miskin seharusnya dibebaskan dari segala macam pungutan. Sekolah maupun UPTD Pendidikan tidak dibenarkan memungut seberapa pun dari siswa dengan dalih apapun.
Tapi kenyataannya, dana BOS sering diselewengkan oknum-oknum karena kurangnya pengawasan, sehingga dana dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.
Belum lama ini dalam penelusuran Sergap di wilayah Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, masih adanya kantor UPTD Pendidikan yang memungut dana BOS terhadap Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Tanjung. Dan sewaktu Sergap melakukan penelusuran dilapangan, seorang guru nyelutuk bahwa penyelewengan dana BOS masih dilakukan oleh beberapa kepala sekolah dan UPTD, Di wilayah Kecamatan Tanjung sebanyak 47 Sekolah Dasar (SD) dan setiap Kepala SD menerima dana BOS dipungut per murid Rp 1.500, sedangkan jumlah murid lebih kurang 11 ribu anak dengan alasan akan digunakan sewaktu ada pelaksanaan/kegiatan Popda.
Menurut beberapa Kepala Sekolah walaupun itu sudah kesepakatan, namun kalau dipikir-pikir dan diperhitungkan, lebih baik biaya Popda dipikul oleh pihak sekolah justru lebih ringan.
Ditambahkan sumber Sergap, apa yang dituturkan oleh beberapa guru/kepala sekolah, buku LKS pun dikondisikan oleh pihak Kepala UPTD Pendidikan yang harganya lebih mahal dari distributor.
Pihak Kepala UPTD Pendidikan menjual Rp 7.000, sedangkan distributor menjual harga Rp 4.500. Itupun menurutnya Buku LKS tersebut yang dicetaknya mengutip dari beberapa buku-buku LKS yang lainnya. Dalam kaitan ini, tim Sergap belum berhasil mengkonfirmasi Kepala UPTD Pendidikan setempat.  (tim)***



Sumber: Surat Kabar Umum SERGAP; Edisi 52 Tahun ke 3 / 31 Mei -15 Juni 2010; hal 1
Foto-foto: Ist***

Tags

BLOG ARSIP

BIAYA IKLAN

BIAYA IKLAN
=== Terima Kasih atas partisipasi Anda dalam membangun kemitraan dengan kami ===

INDRAMAYU POST

Blog Archive

PROFIL

REALITA NUSANTARA Email: realitanusantara@yahoo.com

Pengurus SWI

Pengurus SWI
DEWAN PIMPINAN CABANG SERIKAT WARTAWAN INDONESIA (SWI)